Leave a comment

Tambah Minyaknya!

Ayo, tambah minyaknya!

Ungkapan ini mungkin aneh terdengar di telinga kita. Ungkapan ini berasal dari China yang berbunyi Cia You!, Ka Youw!, dsb dengan berbagai varian dalam dialek lokal setempat. Urban Dictionary menjelaskan sbb:

1) Add oil
It’s a cheering exclamation in Cantonese. It’s actually pronounced “Ka-yow”! Which in turn means add oil, not literally!
Add oil in doing your essays!

2) Add oil
keep going, a form of encouragement
Add oil, you can do it!

Saya mulai mendengar kata ini sekitar tahun 2005. Ketika itu saya mengira kata ini hanya sebatas digunakan pada kalangan ABG Jakarta yang hobinya memang memanipulasi bahasa menjadi sesuai keinginan mereka. Namun ketika seorang staf di kantor saya membisikkan kata-kata “Cia You” dengan lembut namun pasti ke pacarnya, tak urung saya pun gatel ingin nanya, hehehe. Saya kurang mendapat jawaban persis mengenai asal-usul budayanya, namun kira-kira saya dapat menangkap artinya. Ya persis seperti di atas.

Saya kembali teringat kata ini dalam beberapa hari terakhir. Tidak selamanya kata ini bisa saya amini; ada kalanya yang saya inginkan hanyalah berteriak lalu menangis lalu tertidur sampai 2 hari (oke, ini contoh ekstrem aja lo ya! Hehe). Namun dalam keadaan apapun, saya ingin terus belajar berpikir positif dan mencari jalan keluar dari setiap persoalan, tak peduli betapa gelap jalan di depan.

Cia Yo, brothers & sisters!

Leave a Reply

