Leave a comment

Pengembara

Apa alasan yang membuat orang berlibur? Ingin melepaskan diri dari kepenatan kerja dan masalah sehari-hari biasanya merupakan alasan yang paling umum. Namun ada pula orang yang sudah sampai taraf sesak dalam ruang lingkupnya dan hanya memikirkan satu langkah: lari!

Terus terang saya termasuk orang yang sedang merasa sesak dan ingin melarikan diri. Di tahun 2000, Bandung dan Pangandaran menjadi tempat pelarian saya; tempat saya menggali inspirasi dari pegunungan dan lautan. Saya sampai di Pangandaran di tengah malam. Saya lalu duduk di tepi pantai dan memandang lautan lekat-lekat sampai pagi. Orang yang melihat mungkin berkata saya gila, namun saat itu saya tidak memandang orang lain sama sekali.

Tahun 2006, masalah lain mendera hingga saya putuskan lari ke Semarang. Laut kembali menyita perhatian saya meski tidak membuat saya duduk berlama-lama. Saya lebih banyak merenung di pegunungan.

Lalu di tahun ini, kedua tempat itu memanggil saya lagi. Setelah berbulan-bulan menahan kesesakan dan memaksakan diri berfungsi sebagaimana harapan orang lain, kali ini saya lelah, jebol, runtuh. Saya mau lari!

Rabu, 20 Agustus
Jakarta – Jogja

Kamis, 21 Agustus
Jogja – Parangtritis – Jogja

Jumat, 22 Agustus
Jogja – Malang – Bromo (jadual sementara)

Sabtu, 23 Agustus
Bromo – Surabaya (jadual sementara)

Minggu, 24 Agustus
Surabaya – Jakarta (jadual sementara)

Jadual sementara di atas masih bisa berubah mengingat saya janji bertemu dengan seorang teman di Malang meski jadual pastinya belum ditentukan. Namun saya masih berharap hal itu terwujud.

Teman-teman, doakan saya selamat ya! GBU.

Leave a Reply

