7 Comments

Catatan Setelah 5 Tahun Ngeblog

Selama ini blog mempunyai fungsi yang berbeda-beda bagi setiap orang, bagaikan wajan penggorengan yang siap dipakai untuk menggoreng atau menumis apa saja tergantung tujuan si kokinya. Nah, apa artinya blog buat saya?!

Terus terang ini ada blog kesekian yang saya buat. Selama ini saya menaruh catatan saya dalam 5 blog dengan tujuan masing-masing yang (menurut saya) baik (pada saat itu). Lalu ada pula blog khusus untuk menampung tulisan dalam bahasa tertentu (dan untuk keperluan AdSense). Kesemua blog itu mempunyai catatan sejarahnya sendiri. Ketika saya membuat blog yang terbaru ini, saya memutuskan untuk menarik kesemua posting di 5 blog tersebut ke dalam satu blog yang Anda lihat sekarang. Nah, apa yang saya temukan setelah kelima blog tersebut saya tarik?

Pertama, tanpa terasa saya sudah nge-blog selama hampir 5 tahun! Bagi saya itu adalah konsistensi yang luar biasa karena saya orang yang cukup konsisten dalam menulis pemikiran saya. Memang ada banyak juga masa-masa hiatus dimana saya tidak mengunjungi blog-blog tersebut barang sekalipun, namun yang jelas setiap tahun ada cukup banyak tulisan yang dihasilkan, dengan interval rata-rata 2 bulan.

Kedua, saya menyusun ulang kategori tulisan saya. Yang saya dapati adalah 35% tulisan saya masuk dalam kategori “Hari-hari” dan 29% masuk dalam kategori “Renungan.” Apa artinya? Sebagian besar tulisan saya ternyata berupa uraian santai dan remeh-temeh akan dunia sekitar saya dan renungan/curhat pribadi. Ini berarti tulisan saya tidak lebih dari diary yang ditampilkan online. Isi kategori renungan pun sebenarnya belum banyak memotivasi orang; tidak lebih dari sekedar curhat. Posting yang berisikan artikel perjalanan, opini atau bisnis baru mengambil porsi kecil.

Ketiga, saya belum mempunyai fokus dalam menulis dan belum mampu menampilkan “warna” yang kuat dalam blog saya. Terkadang muncul tulisan tentang pendidikan, keuangan, dan liburan. Lalu kadang ingin menulis dalam Bahasa Inggris, kali lain pakai Bahasa Indonesia. Tapi masih belum jelas, arahnya ke mana. Ini mungkin karena otak saya sendiri yang “kepenuhan” dan maunya menulis semuanya. Tapi kayaknya memang tidak bisa memaksakan semuanya ya.

Dari ketiga catatan tersebut saya berkesimpulan bahwa meskipun kegiatan blogging saya cukup aktif, namun kegiatan itu belum berevolusi menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain atau bahkan mendatangkan income. Sudah waktunya sekarang untuk mencari inspirasi lebih banyak dengan cara membaca dan bergaul, bahkan melakukan perjalanan untuk kemudian ide-ide tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan. Lalu berbagai cara untuk meningkatkan trafik blog juga perlu dipelajari juga. Yang penting adalah bagaimana tulisan saya dapat bermanfaat bagi orang lain juga, bukan hanya untuk kesenangan diri.

Eh tapi jangan lupa, tetap have fun. Dan tidak boleh ada pressure pada kegiatan ngeblog ini. Biarkan semua tetap mengalir🙂

7 comments on “Catatan Setelah 5 Tahun Ngeblog

  1. meski tematik kita beda-beda, kita tetap bisa memiliki warna yang kuat dengan ketajaman berpikir, detail analisis dsb..

    Blog yang bagus bro! Keep on blogging ya😀

  2. Selamat, sudah konsisten selama 5 tahun, sedangkan saya baru memulai perjalanan panjang ini, sehingga sudah semestinya harus banyak belajar, salah satunya dari Boss Dhodie…🙂

  3. […] saya dan menemukan postingan yang saya tulis tepat setahun lalu, tanggal 13 Februari 2010 bertajuk Catatan Setelah 5 Tahun Ngeblog. Tidak ada salahnya saya kembali merefleksikan pengalaman 1 tahun terakhir dalam beraktivitas […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: