Leave a comment

Selamat Tahun Baru Imlek

Hari ini kita memasuki tahun baru. Tapi menurut versi siapa? Di seluruh dunia ada banyak sistem kalender yang berbeda-beda. Salah satunya adalah kalender lunisolar yang berasal dari astrologi Cina. Nah, yang hari ini memulai tahun baru adalah kalender Cina tersebut.

Sebagai orang non-Tionghoa yang hidup di Indonesia saya tidak terlalu paham akan budaya Cina dan kebiasaan mereka merayakan Tahun Baru. Baru belakangan saja setelah saya banyak berteman dengan orang-orang Tionghoa maka saya mengenal sedikit demi sedikit budaya mereka. Tapi pengetahuan saya sebagai orang awam pun terbatas. Misalnya:

  • Tahun Baru Imlek biasanya jatuh di awal tahun Masehi, antara Januari – Februari.
  • Pada malam pergantian tahun, keluarga besar pasti mengadakan acara makan malam bersama.
  • Kue keranjang selalu menjadi penganan wajib. Konon kue ini digunakan untuk menyumpal mulut dewa tungku yang turun ke bumi guna menyaksikan perilaku keluarga pemilik rumah. Mulut dewa itu disumpal agar ketika mereka kembali dan menceritakan perilaku keluarga tersebut kepada raja surga, maka yang keluar adalah cerita manis-manis.
  • Jeruk juga menjadi bagian dari perayaan Imlek, meski saya tidak tahu apa maknanya.

Namun terlepas dari kekhasan perayaan Imlek, ada satu benang merah yang dapat ditautkan pada budaya Indonesia secara keseluruhan; keutuhan keluarga. Orang-orang Tionghoa merayakan Imlek dengan tujuan menyambung dan mengeratkan tali keluarga dan persaudaraan dengan sesama. Mozaik budaya yang unik ini, ketika disatukan potongannya, akan pas mengisi satu tempat dalam khazanah budaya Indonesia.

Gong Xi Fat Chai ^^

===

Sumber gambar: suaramalioboro.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: