Leave a comment

Perlukah Mengontrol Aktivitas Internet?

Beberapa hari terakhir ini media Indonesia diriuhkan dengan kabar rencana Kemkoninfo menerbitkan RPM tentang Konten Multimedia. Tentunya hampir semua pihak menolak rencana tersebut karena berpotensi dipelintir; yang tadinya menjadi alat bagi kekuasaan untuk menindak para netters yang kelakuannya tidak bertanggung jawab di dunia maya, justru menjadi senjata untuk memberangus kebebasan mengambil dan menyebarkan informasi.

Meski hari ini Menkominfo telah memberikan pernyataan bahwa RPM tersebut akan ditarik bila diteliti akan membelenggu kebebasan pers, tak urung kelitan pernyataan tergesa-gesa tersebut justru menimbulkan prasangka yang lebih dalam lagi. Kenapa sih, kok kayaknya takut banget ama kita-kita?

Jika saya adalah penyelanggara jasa internet, apakah saya juga harus turut bertanggung jawab atas perilaku pengguna jasa saya? Mengapa bukan pelakunya yang ditindak? Para perusahaan percetakan koran saja selalu memasang tulisan pada setiap cetakan mereka “isi di luar tanggung jawab percetakan.” Sepertinya Pak Menteri salah tembak ya?

Lalu saya pribadi sebagai pengguna jasa internet sekaligus blogger memang tetap tunduk pada aturan UU ITE yang baru yang intinya menegaskan bahwa perilaku di dunia maya dapat pula dituntut pertanggungjawabannya di dunia nyata. Namun jangan lupa, meskipun kebebasan itu menuntut tanggung jawab, KEBEBASAN TETAPLAH KEBEBASAN. Saya memandang pemerintah tidak perlu membatasi ruang gerak netters di dunia maya dalam bentuk sensor apapun. Kalau nanti nyata-nyata terbukti ada perbuatan melanggar hukum, barulah pihak yang merasa dirugikan dapat mengadu ke pengadilan.

Oleh karena itu, dengan tetap memperhatikan norma dan hukum yang berlaku, saya juga ingin berteriak lantang: “Say Yes to Internet Freedom!”

===

Sumber gambar: Paman Google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: