3 Comments

HP Saya Bisa Juga, Kok!

DISCLAIMER: This article is a personal reflection; it does NOT contain a paid-review of any product mentioned.

Saya punya HP sejak tahun 2001. Meski sudah gonta-ganti HP beberapa kali tapi tentunya fungsi HP utama yang saya gunakan selalu: telpon dan SMS. Ada banyak fitur yang bisa saja saya gunakan cuma sebatas dilihat-lihat saja untuk kemudian saya tinggalkan.

Nah, akhir-akhir ini, seiring dengan pesatnya perkembangan Blackberry, teman-teman saya pun semakin banyak menggunakannya. Dan yang menjadi kekesalan perhatian saya ketika bertemu dengan mereka, misalnya saat reuni, adalah pertanyaan mereka yang hampir sama, “Kok lu gak pake BB?!”

“Apa sih bedanya BB dengan HP biasa?”

“Oh banyak.” Lalu mereka jelaskan satu-satu.

“Ah, HP saya juga bisa!”

“Tapi kan HP biasa gak bisa…,” diteruskanlah dengan sederet argumentasi lainnya.

Terus terang saya rada keki juga karena HP Nokia 5320 XM yang saya beli tahun lalu dengan uang yang lumayan besar menurut saya itu, sekarang dipandang sebagai benda ketinggalan zaman. Berhubung saya gak ada duit tidak berminat membeli BB, maka saya pun coba meneliti lagi HP saya dan, kalau bisa, memaksimalkan fungsinya. Sekarang coba kita telaah:

1. Push Email

Ini dia fitur yang dibangga-banggakan para pengguna BB. Bagaimana dengan HP saya? Oh bisa, Nokia sudah meluncurkan layanan Messaging yang memungkinkan push email. Hanya saja layanan ini berbayar, Rp 20,000.- per bulan. Tapi kalo dipikir lagi, seberapa pentingkah kita menerima email tepat waktu? Saya kan belum bergantung sangat dengan email sehingga memerlukan fasilitas ini. So, saya gak mau pake.

2. Chat

OK lah, pengguna BB bisa memakai fasilitas messenger antar pengguna dengan gratis. Tapi HP saya pun bisa digunakan untuk chat dengan platform Ebuddy, dimana saya bisa memasukkan akun YM, MSN, dan FB saya.

3. Bentuk keypad QWERTY

OK, HP saya tidak ada keypad macam itu. So what?!

4. Aplikasi lain

Wah, banyak yang bisa saya lakukan. Tapi aplikasi terbaru yang saya baru install pagi ini adalah Google Maps Mobile, dimana saya bisa mencari jalan melalui peta yang tersedia pada HP saya, bahkan bisa menunjukkan posisi real-time saya layaknya GPS device. Seru kan?!

Jadi, dengan segala hormat kepada para pengguna BB, saya ingin mengatakan bahwa saya belum memerlukan fasilitas yang ada di BB karena saya sudah mendapatkan semua kebutuhan saya melalui HP yang saya miliki sekarang. Kecuali kalau ada keperluan lain (atau ada yang ngasih BB ke saya gratis), mungkin saya akan memikirkan untuk membeli BB.

Demikianlah, sharing ngalor-ngidul kurang penting hari ini. Have a nice long weekend!😀

3 comments on “HP Saya Bisa Juga, Kok!

  1. *euh…manggilnya apa yach?*

    Nyong Ambon,

    saya banyak melihat teman-teman saya yang rela tiap bulan membayar RP. 200.000 untuk pulsa demi biaya bulanan BB dan tentu, demi keeksisan di FB dan sederet lainnya. Nggak masalah kalau mereka memang butuh fitur2 itu. Tapi kenyataannya, semua fitur tersebut hanya untuk mainan saja. Memang saya akui, saya sempat tertarik menggunakan BB. Tapi, kalau dipikir2 lagi biaya penggunaan BB yang sedemikian tingginya, saya pikir2 ulang dech. Lumayan bisa hemat Rp. 200.000/bulan apabila tidak menggunakan BB. Beberapa dari mereka bahkan kadang2 berkeluh kesah saat akan membeli pulsa. Kata mereka pulsa mereka habis karena untuk BB. Kalau dipikir-pikir yach, 180ribu digunakan untuk BB spasi ON saja. artinya pulsa yang bisa dipergunakan hanya Rp. 20.000 saja. nah, kalau udah kayak gini, BB jadinya nyusahin diri sendiri toh?

    demikian juga dengan sharing saya pada siang hari ini…hehehe

    • Nama saya sih Bradley. Tapi bolehlah panggil apa aja🙂

      Lah saya panggil kamu apa? Lomar? (itu nama asli or julukan aja?)

      Soal BB, argumenmu kurang lebih samalah dengan saya. Tapi sebenarnya ada hal lain yang mendasari argumen itu: saya gak mampu aja beli BB trus mbayar pulsa mahal tiap bulan, biarpun dapat pacar Agnes Monica😉

      • Halo Brad…yup, Lomar itu nama asli saya loch😀
        mau panggil Lom, Mar atau apapun juga boleh…hehehe

        wakakakaka….sayang duit ah beli BB…mending buat ke Ambon :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: