22 Comments

Salah Bantal

Source: topnews.in

Nama yang lucu memang. Seorang narablog menyebut istilah ini adalah kebiasaan orang Indonesia yang paling suka mencari kambing hitam. Ya benar juga, apa salahnya si bantal malang itu sehingga mendapat caci-maki dan menjadi topik pembicaraan banyak orang, mulai dari ibu rumah tangga sampai para dokter?

Beberapa hari yang lalu saya juga ikut mencicipi salah bantal ini. Berkat semalaman tidur sambil menekuk leher, jadilah pagi hari saya bangun dengan rasa sakit yang luar biasa pada leher sebelah kiri dan menjalar sampai ke bahu kiri. Kepala saya tidak bisa menengok ke kiri dan kanan karena begitu leher bergerak sedikit saja, saya langsung meringis. Lalu apa sebaiknya yang saya lakukan? Setelah coba gugling ke sana ke mari, saya sampai pada beberapa rekomendasi. Namun berhubung saya cuma membaca beberapa postingan blog orang dan malas membuka situs kesehatan, maka rekomendasi berikut ini semua berdasarkan “katanya”:

  1. Katanya: bantal tidur saya mesti dijemur di bawah sinar matahari lalu digebuk-gebuk. OK, anak kecil juga tahu kalau ini sama sekali tidak ada hubungannya. Tapi coba saya ambil positifnya saja: bantal yang dijemur akan memberikan rasa nyaman karena lebih empuk. Tidak masuk akal, tapi patut dicoba.
  2. Katanya: mesti dikompres air panas dan dingin. Kalau air panas mungkin saya bisa paham karena gunanya adalah melancarkan aliran darah di sekitar daerah yang sakit. Tapi kalau air dingin, wah saya tidak percaya. Kompres air dingin berguna untuk meredakan pembengkakan, sedangkan salah bantal kan tidak ada pembengkakan. Atau ada yang punya pendapat lain?
  3. Katanya: mandi dengan shower air panas dan dingin secara bergantian dan bagian tubuh yang sakit diguyur air untuk waktu yang lama. Ini mungkin mirip dengan poin kedua. Boleh dicoba, hanya saja saya sendiri merasa lebih nyaman kalau mandinya pakai air panas saja.
  4. Katanya: pijat. Setuju sih. Tapi mesti hati-hati juga. Pengalaman pribadi saya, kalau pemijatan yang enak itu mesti dilakukan pelan-pelan tapi untuk waktu yang lebih lama. Bukannya main pukul-pukul saja. Yang ada malah tambah sakit.
  5. Katanya: oleskan Counterpain. Ini sudah saya lakukan. Hasilnya lumayan meski harus dioleskan beberapa kali.

Ketegangan di leher ini butuh waktu 2 hari untuk hilang. Hari ini pun saya masih merasakan ada yang tidak beres ketika menengok ke kiri meski sudah tidak sakit lagi. Mungkin setelah rasa sakit ini reda, saya mesti menjalankan satu rekomendasi lagi yang manjur dan bukan “katanya”, yaitu OLAHRAGA.

22 comments on “Salah Bantal

  1. Wakakakak kesian si bantal.. Eh kalo gue sih ngomongnya salah posisi tidur, bukan salah bantal.. mungkin karena gw demikian sayang sama si bantal, jadi gak tega nyalahin =))

  2. wah, nice sharing om Ambon.. saya juga kadang-kadang, pas baru bangun, langsung pegel di leher. gak enak banget rasanya.. *curhat* :p

    ada satu lagi om, yang patut dicoba:
    “beli bantal baru yang lebih empuk”
    *kabur*

  3. Aku udah pernah nyobain yg nmr 1. Dan berhasil sembuh.

  4. olahraga bisa bener bisa enggak tuh.
    pas gua salah bantal parah, gua OR nya yang justru kena ke otot leher dan bahu, eh malah sakitnya tambah parah lho. hahaha.

    tapi kemaren ini sempet ‘mau’ salah bantal lagi. belum parah. trus gua push up (ada yang menyarankan begini soalnya) dan ternyata sembuh lho. hehe.

  5. bener….olahraganya musti rutin tuch…percaya dech, manfaatnya gak cuma sekedar terbebas dari salah bantal aja, tapi badan pasti lebih enteng😀 *trust me…it works…hehehe*

  6. salah bantalnya apa salah lehernya ya?? ato ganti leher baru aja?? hehehe

  7. selalu aja yang disalahin bantal, padahal bantal kan diem aja…..

  8. weh kalo pegel leher kelamaan ngetik di depan laptop jadinya apa ? salah laptop ? heemm..
    salam dari Bogor..🙂

    • hehe, kalo mau salahin lepie ya silahkan.

      Thanks kunjungannya, btw aku udah berkunjung balik sekaligus tinggalin pesen soal undangan blogger depok di comment blogmu. Dilihat ya🙂

  9. waah kalo udh kena salah bantal g enk bgt itu rasanya,,,
    g bsa nengok,,,
    hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: