12 Comments

Satu Langkah Sudah Selesai

Akhirnya, Community Gathering deBlogger telah terlaksana dengan sukses pada hari Minggu 2 Mei 2010 kemarin. Ketegangan menjelang acara yang mencapai puncaknya pada H-2 dan H-1 terbayar sudah oleh kegirangan ketika berkenalan dengan teman-teman baru, riuh-rendah permainan kelompok, dan kacau-balaunya perjalanan trekking akibat tersesat. Lalu, sekarang apa?

Rangkaian acara miladeBlogger sudah tersusun rapi oleh panitia dan direncanakan akan berjalan sepanjang bulan Mei; Community Gathering adalah event pemanasan yang mengawali semuanya itu. Bagi saya pribadi, ini adalah “kemenangan kecil” yang patut kita syukuri. Memang kita belum sukses memenangkan keseluruhan “peperangan”, namun kesuksesan di tahap pertama ini kiranya cukup menjadi cambuk semangat bagi kita untuk menaklukkan target-target berikutnya. Lalu bagaimanakah kita memandang target-target tersebut?

Terus terang, berat. Yang menjadi kunci utama adalah finansial. Acara miladeBlogger sudah tersusun dengan rapi dan tinggal bergerak untuk mewujudkannya saja. Namun semua itu bisa berubah sekejap menjadi sia-sia jikalau tidak ada dana. Berbagai cara sudah dilakukan, yakni pendekatan ke berbagai sponsor potensial. Namun sejauh ini yang baru terlihat di depan mata adalah sponsor yang tidak signifikan yang bersedia memberikan merchandise. OK, merchandise itu penting juga. Tapi yang urgent sekarang adalah hard cash.

Lalu apakah dana adalah satu-satunya halangan? Menurut saya yang juga tidak kalah kritisnya adalah kohesi panitia. Kerja keras panitia sejauh ini patut diacungi jempol. Memang tidaklah patut kita membanding-bandingkan siapa yang bekerja lebih keras; semua panitia telah bekerja maksimal sesuai porsinya masing-masing. Yang menjadi persoalan adalah apakah kita sudah satu suara? Apakah satu langkah yang kita buat sudah diketahui dan disetujui oleh yang lain? Ataukah masih ada yang bergerak sendiri dan justru akhirnya menjadi batu sandungan bagi semuanya? Saya pikir patutlah saya memberikan peringatan pada kita semua bahwa bibit seperti ini sudah ada.

Terlambatkah untuk bertindak? Oh belum.

Bagaimana cara menghindarinya?

Butuh kebijaksanaan yang tinggi dalam mengambil sikap. Bahwa kesuksesan acara yang dicapai bersama-sama haruslah menjadi fokus utama. Apabila ada gangguan terhadap usaha bersama tersebut, maka patutlah kita mengambil sikap tegas meski pilihan tersebut tidak akan menyenangkan semua orang. Jangan kuatir kita disalahkan dalam mengambil langkah yang sulit. Saya percaya bahwa meski langkah tersebut sulit dan tidak populer, pada akhirnya tetap akan membawa kebaikan bagi semua orang.

Mohon maaf, saya tidak bermaksud membingungkan Anda dengan pemikiran yang “di awang-awang.” Biarlah uneg-uneg saya yang sebenarnya tetap berada dalam hati saya. Lagipula itu sekedar uneg-uneg, bukanlah pandangan akhir yang akan berujung pada sikap final terhadap sebuah masalah. Saya masih tetap menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap komponen-komponen deBlogger. Saya percaya bahwa rintangan apapun akan mampu kita atasi, asalkan kita berpegang teguh pada keyakinan bahwa miladeBlogger ini membawa misi mulia yang moga-moga menjadi inspirasi bagi banyak orang, dan bahwa langkah kita yang seirama akan melancarkan perjalanan kita mencapai tujuan tersebut.

Semoga sharing singkat ini dapat membawa kebaikan bagi semua.

12 comments on “Satu Langkah Sudah Selesai

  1. wah..pertamax nih…semoga kedepannya makin kompak, biar acara puncak sukses..ses..ses….

  2. Iya niy om, spertnya saya juga blm maksimal bekerja.
    Dan blum satu suara. Tapi kita harus tetap berusaha meraih impian itu.
    Klopun ketika acara blum terlihat apa yg diinginkan, improvisasi acara sgt bsa terjadi.🙂

  3. Pengennya jawaban saya dicopas ke sini nih opa, tapi kepanjangan ntar =P

    Saya percaya pasti ada jalan keluar yang baik untuk setiap usaha yang diniatkan baik. Yang terpenting mensinergikan kekuatan masing-masing untuk kejayaan deBlogger *terdengar seperti pidato caleg kah?*

  4. maaph dateng-nya telat banget, unpredictable occasion T_T *sok2an nginggris* (doh)
    merugi sangat deh huhuhu….

  5. wah nggak sabar nih, untuk cepet cepet ikut kopdar deblogger. salam kenal semuanya ^^

  6. bradleyyyyy…. hard work, friendliness of comittee & best effort will give best result.
    two thumbs up untuk deblogger. Hm… lirik2 bradley as potential comittee for beblog event😀.

    sekali lagi congrats ya…sayang akuh gag bisa ikutan.
    keep the good work & solidity *eh ada ga sih solidity ntu, ngarang.com?!*

    • Thanks udah meluangkan waktu bermain-main di blog saya hari ini. Takjub bener sama 5 komentarnya sekaligus. Haha. Aku balasnya satu aja di sini boleh ya!
      Solidity ada kok. Cek aja google translate.

      kalo soal beblog mah, mbak ajeng udah dari kemaren2 ngancem mau mbajak aku duluan. Hahaha.

  7. Boleh kalau ada waktu saya gabung,semoga sukses selalu.thx

  8. semoga sukses selalu,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: